• header
  • 2
  • header3
  • header4
  • covid1

Selamat Datang di SMPK Kesuma Mataram : Disiplin - Jujur - Terampil - Mandiri

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMP KATOLIK KESUMA MATARAM

NPSN : 50204458

Jalan Pejanggik No.113 Telp.0370-632217 Mataram, Nusa Tenggara Barat


smpk_kesuma_mataram@yahoo.co.id

TLP : 0370-632217


          

Banner

Jajak Pendapat

No Poles setup.

Statistik


Total Hits : 80242
Pengunjung : 38138
Hari ini : 2
Hits hari ini : 16
Member Online : 4
IP : 3.237.178.91
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

WORKSHOP ASESMEN DIAGNOSTIK




Situasi pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 ini menuntut guru mencri cara untuk dapat memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik kepada peserta didik. Salah satu yang dapat dilakukan adalah Asesmen Diagnostik. Asesmen Diagnotik adalah asesmen yang dilakukan secara spesifik untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, kelemahan peserta didik, sehingga pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan kompetensi dan kondisi peserta didik. Dalam rangka lebih melengkapi tenaga pendidik dengan berbagai keterampilan, SMPK Kesuma Mataram bersama dengan SMPK St. Antonius Mataram mengadakan workshop Asesmen Diagnotik. Acara yang digelar Jumat (5/2), menghadirkan nara sumber Ibu Dra. Ni Nengah Sri Swathi, M.Pd. Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Drs. H. Lalu Fatwir Uzali, S.Pd, M.Pd. Mengawali sambutannya, Mamiq Fatwir, begitu beliau biasa disapa memberikan apresiasi kepada para pendidik yang begitu bekerja keras dalam situasi pandemi ini, ‘Bapak, ibu adalah orang-orang yang saya banggakan’, tegas beliau. Disamping itu beliau juga mengajak para guru untuk memanfaatkan MGMP untuk saling belajar dan berbagi. Di bagian lain, Mamiq Fatwir yang merupakan alumni SMAK Kesuma Mataram ini, memberi kesempatan bapak ibu guru dari kedua sekolah ini untuk menyampaikan masukan yang perlu disampaikan kepada dinas pendidikan. Workshop ini juga dihadiri pihak yayasan Insan Mandiri Denpasar Cabang Lombok-Sumbawa yang menjadi naungan SMPK Kesuma dan SMPK St. Antonius.

Disesi berikut, Ibu Sri sebagai nara sumber utama mengawali pemaparannya dengan memberikan gambaran keadaan pembelajaran di masa pandemi covid-19 serta perlunya melakukan asesmen diagnostik. ‘Asesmen diagnostik perlu dilakukan untuk menyiapkan pembelajaran yang tepat, khususnya di situasi saat ini, dimana pembelajaran dilakukan secara daring’ tegas beliau.

Diakhir sesi para guru diajak untuk mendalami materi dengan kuis berhadiah lewat aplikai quizizz serta menyiapkan asesmen diagnostik dalam bentuk lembar kerja untuk masing-masing mata pelajaran. Baik dalam kuis maupun mengerjakan LK tampak bersemangat. ‘Bisa mengetahui apa itu asesmen diagnotik dan bagaimana cara menyusun soalnya’ ungkap Ibu Ratu, guru Bahasa Indonesia saat ditanya kesannya megikuti workshop ini. Hal senadaa juga disampaikan Petricia Iandri Dapa Mede, S.Pd ayau yang biasa disapa Ms. Inna ‘Karna dari  workshop ini , para guru belajar untuk melakukan penilaian guna mendiagnosa masalah yang dihadapi siswa dalam belajar dan juga sejauh mana pencapaian belajar yang mereka kuasai’ ungkapnya.

Semoga melalui workshop ini dapat meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di SMPK Kesuma Mataram maupun SMPK St. Antonius Mataram.



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas