• atas1
  • atas2
  • header4
  • bulat
  • SMPK
  • prestasi

Selamat Datang di SMPK Kesuma Mataram : Disiplin - Jujur - Terampil - Mandiri. Mari sukseskan implementasi Kurikulum Merdeka

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMP KATOLIK KESUMA MATARAM

NPSN : 50204458

Jalan Pejanggik No.113 Telp.0370-632217 Mataram, Nusa Tenggara Barat


smpk_kesuma_mataram@yahoo.co.id

TLP : 0370-632217


          

Banner

Jajak Pendapat

No Poles setup.

Statistik


Total Hits : 232097
Pengunjung : 89521
Hari ini : 23
Hits hari ini : 46
Member Online : 4
IP : 3.230.154.90
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Nilai Kearifan Lokal Budaya Suku Sasak Lombok dalam P5




Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan  Profil Pelajar Pancasila. SMPK Kesuma Mataram memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menerima pengetahuan dan mengalami sebagai sebuah proses penguatan karakter sekaligus sebagai bentuk belajar secara nyata dari lingkungan.

Karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dapat dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui kearifan lokal. Aku dan Budayaku menjadi topik  P5  projek 1 kelas VIII tahun Ajaran 2023-2024. Pembelajaran  lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar diharapkan dapat menguatkan berbagai kompetensi seperti : mengenal dan menghargai budaya, memproses informasi dari setiap gagasan, bernalar kritis, dan menghasilkan karya serta tindakan yang orisional.

P5 SMPK Kesuma Mataram dilaksanakan pada tanggal 25 September s.d 6 Oktaber 2023. Hari pertama Senin, 25 September 2023 kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah. Pembukaan  ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 7, 8, dan 9 dan para guru. Bertempat di halaman depan, peserta didik dengan seragam putih biru, sepatu hitam, kaos kaki putih,  dan blazer semangat mengikuti acara tersebut.

Dalam sambutannya, bapak kepala sekolah mengingatkan akan pentingnya P5 dan nilai-nilai karakter  yang ada. Setelah itu, peserta didik dan para guru senam kreasi pelajar Pancasila.

Setelah pembukaan P5, peserta didik berkumpul di aula untuk menerima informasi awal tentang kegiatan P5 secara umum,  sosialisasi materi  dengan tema “Kearifan Lokal”  (Aku dan Budayaku) tentang kerajinan Cukli, Peresean, Gendang Beleq, dan rumah adat suku Sasak. Selain materi yang dipaparkan, juga ada sosialisasi tentang : rencana kunjungan, laporan kegiatan yang akan dibuat, dan hasil kegiatan. Peserta didik antusias mengikuti setiap sesi  karena selain ada ice breaking yang seru juga ada diskusi dan tanya jawab. Kegiatan hari itu ditutup dengan menulis refleksi dan jurnal.

Kegiatan hari kedua Selasa, 26 September 2023 setelah doa  dan senam kreasi pelajar Pancasila, peserta didik berkumpul untuk menerima  pengarahan tentang pembagian kelompok, bentuk projek, tugas pengamatan,  persiapan untuk kunjungan di tempat projek, tata tertib, dan teknik penulisan laporan. Bahkan, bahan pertanyaan pun juga dipersiapkan dengan baik melalui diskusi dan tanya jawab serta diselingi dengan ice breaking yang semakin seru menambah semangat anak - anak dalam berprojek. Kegiatan diakhiri dengan menulis jurnal dan refleksi.

Melalui rangkaian kegiatan selama dua hari ini, peserta didik dapat mempersiapkan diri dalam memahami tentang kearifan lokal masyarakat "Aku dan Budayaku" dan dapat menerapkan konsep Profil Pelajar Pancasila  terutama dalam hal penerapan nilai moral dan membina karakter peserta didik untuk dapat memiliki karakter berkebhinekaan global, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Ditulis oleh : Elisabeth Triningsih



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas