• atas1
  • atas2
  • bulat
  • SMPK
  • prestasi
  • atas1

Selamat Datang di SMPK Kesuma Mataram : Disiplin - Jujur - Terampil - Mandiri. Mari sukseskan implementasi Kurikulum Merdeka

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMP KATOLIK KESUMA MATARAM

NPSN : 50204458

Jalan Pejanggik No.113 Telp.0370-632217 Mataram, Nusa Tenggara Barat


[email protected]

TLP : 0370-632217


          

Banner

Jajak Pendapat

No Poles setup.

Statistik


Total Hits : 281032
Pengunjung : 117704
Hari ini : 9
Hits hari ini : 18
Member Online : 4
IP : 216.73.216.61
Proxy : -
Browser : Gecko Mozilla

Status Member

TUBOTRANS




TUBOTRANS: Solusi Kreatif Pembelajaran Transformasi Geometri Berbasis Daur Ulang


SMPK Kesuma Mataram terus berinovasi dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna, kontekstual, dan menyenangkan. Salah satu terobosan yang menjadi perhatian adalah TUBOTRANS (Tutup Botol Transformasi), sebuah media pembelajaran kreatif berbasis daur ulang yang digunakan untuk membantu siswa memahami konsep transformasi geometri—translasi, rotasi, dan refleksi—secara konkret, visual, dan menyenangkan.


Belajar dari Limbah: Mengubah Sampah Jadi Media Bermakna


Berangkat dari kepedulian terhadap lingkungan dan keinginan menciptakan pembelajaran yang menarik, TUBOTRANS hadir sebagai bentuk inovasi sederhana namun berdampak. Tutup botol plastik yang kerap menjadi limbah, disulap menjadi media belajar berbentuk puzzle geometris. Di tangan siswa, tutup botol tersebut tak lagi dipandang sebagai sampah, melainkan alat eksplorasi konsep matematika yang dapat disentuh, digerakkan, dan dimainkan.


tubotra


Mewujudkan Joyful Deep Learning


TUBOTRANS dirancang untuk mewujudkan pembelajaran mendalam (deep learning) dengan pendekatan joyful learning. Tidak hanya sekadar menyelesaikan soal, siswa diajak untuk:



  • Bermain sambil belajar melalui aktivitas menyusun pola transformasi layaknya puzzle.

  • Berekspresi dan berkreasi menciptakan motif pada tutup botol dan merancang pola transformasi.

  • Belajar penuh makna, karena mereka dapat memahami mengapa dan bagaimana suatu bangun bisa berpindah atau berubah posisi.

  • Terlibat aktif secara emosional dan sosial, bekerja sama dalam kelompok kecil dan saling berdiskusi.


Dengan suasana yang santai dan menyenangkan, siswa dapat mencapai pemahaman yang lebih mendalam karena mereka merasakan kegembiraan dalam proses belajar itu sendiri.


Sinergi Kreativitas dan Teknologi


Desain pola dan kartu aktivitas dalam TUBOTRANS menggunakan aplikasi Canva dan GeoGebra. Ini bukan hanya menunjukkan pemanfaatan teknologi digital dalam pendidikan, tetapi juga membuka ruang bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas visual, sekaligus melatih keterampilan literasi digital yang sangat relevan di era modern.


Manfaat TUBOTRANS dalam Pembelajaran


TUBOTRANS membawa manfaat nyata dan terukur dalam proses belajar mengajar:



  • Memudahkan pemahaman transformasi geometri melalui pengalaman konkret

  • Meningkatkan keterlibatan emosional siswa dalam proses pembelajaran

  • Menumbuhkan kesadaran lingkungan melalui praktik daur ulang

  • Melatih kerja sama, tanggung jawab, dan manajemen diri

  • Mendukung pengembangan profil pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan peduli lingkungan


Inovasi yang Dapat Direplikasi


Model pembelajaran TUBOTRANS telah disebarluaskan melalui forum MGMP Matematika dan kegiatan berbagi praktik baik antar sekolah. Guru-guru dari sekolah lain pun mulai mereplikasi model ini karena sederhana, murah, namun sangat efektif dan menyenangkan.


Belajar dengan Hati, Berkarya dengan Inovasi


TUBOTRANS adalah bukti nyata bahwa pembelajaran mendalam tak harus mahal atau rumit. Ketika siswa terlibat secara aktif, emosional, dan sosial dalam proses belajar yang menyenangkan, maka pengetahuan yang diperoleh akan lebih lama diingat dan lebih bermakna.


Dengan semangat Shape the Future dan program unggulan SMART Community, SMPK Kesuma Mataram terus berkomitmen menghadirkan pembelajaran yang joyful, meaningful, and impactful bagi seluruh peserta didik.


"Karena belajar bukan sekadar menghafal rumus, tapi tentang menemukan makna, membangun pengalaman, dan merayakan setiap proses dengan gembira."


tubotran


Penulis: Dini P.


 



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :





   Kembali ke Atas